Proyek 1: Evaluasi Proposal PKM


Semangat Pagi,
Berikut saya sampaikan hasil evaluasi proposal PKM-GT kelas D3MI-40-05 yang telah dikumpulkan per tanggal 30 Januari 2017:

  1. Layout and Formatting
    • Pastikan menggunakan template Proposal sesuai dengan pedoman PKM.
    • Pastikan Lembar Kontrol Administrasi PKM KT 2017 terpenuhi semua. Gunakan teknik peer review untuk cross check pemenuhan semua item pada lembar kontrol. Peer Review dilakukan oleh teman sekelompok untuk melakukan pengecekan kembali sehingga tidak ditemukan lagi kesalahan dalam pembuatan proposal. Kesalahan umum yang saya temukan adalah ketidakseragaman font-type dan spacing.
    • Peer review juga dapat dimanfaatkan untuk menemukan kesalahan penulisan dalam proposal (typo)
    • Jika ingin memindahkan bagian tulisan ke halaman berikutnya, jangan pernah gunakan spasi (enter) sampai bagian yang dimaksud pindah ke halaman berikutnya, Tambahkan page break untuk memindahkan suatu bagian tulisan ke halaman berikutnya.
    • Gunakan formatting untuk memastikan semua paragraf di setiap bab memiliki style yang sama.
    • Cek kembali auto correct yang dihasilkan oleh Ms Word
  2. Ringkasan
    • Ringkasan mencerminkan isi keseluruhan gagasan, sehingga dapat dituliskan terakhir setelah menyelesaikan bagian-bagian yang lain
    • Ringkasan maksimal 1 halaman
    • Ringkasan berupa narasi dan tidak perlu ditambahkan gambar
  3. Pendahuluan
    • Jika ingin menambahkan sub bab, seperti: latar belakang, tujuan, manfaat, dan lain sebagainya, aturlah style sub bab nya yang proporsional (memperhatikan indentasi, font-type, spacing after and before paragraph)
    • Pada bagian pendahuluan sebaiknya sudah mulai mengutip (sitasi) referensi yang digunakan, khususnya untuk menyajikan dukungan data dan informasi yang sesuai.
  4. Gagasan
    • Gagasan merupakan uraian dari 5 (lima) hal yang disampaikan pada panduan PKM
    • Gagasan ditulis dengan luwes (tidak kaku dengan penyajian melalui point-point). Dapat juga digunakan strategi bahwa setiap poin yang harus dipenuhi dalam gagasan menjadi sebuah paragraf.
    • Kondisi kekinian serta solusi yang pernah ditawarkan, mungkin saja berasal dari bahan bacaan yang didaftarkan pada daftar pustaka, sehingga kutipan (sitasi) pada Bab Gagasan akan lebih banyak muncul
  5. Kesimpulan
    • Kesimpulan sebagai akhir dari proposal kembali mengungkapkan gagasan yang diajukan, teknik implementasi, serta prediksi hasil (manfaat dan dampak)
    • Pada bagian kesimpulan, penulis proposal harus menuliskan harapan setelah diselesaikannya atau terwujudnya gagasan yang diangkat
  6. Daftar Pustaka
    • Penulisan daftar pustakan menggunakan style Harvard
    • Manfaatkan Bibilography di Ms Word untuk mengelola daftar pustaka:
      • Pilih Tab References, fokus kepada bagian Citations & Bibliography
      • Pilih icon Manage Source, pilih tombol New, kemudian isikan data lengkap daftar pustaka sesuai dengan jenisnya (Book, Journal Article, Web Site, etc)
      • Pastikan cara mengisikan data penulis (Last, First, Middle name) benar
      • Ketika semua sumber bacaan sudah diisikan, buat daftar pustaka dengan memilih icon Bibliography dan style yang dipilih adalah Harvard

Silahkan kembali memperbaiki proposal dan siap submit paling lambat 1 Februari 2017.
Selamat bekerja

Leave a Reply